April Bersamamu - A L F A

Oleh : Alfa Arkana EoFataha (DSF)




        Kutarik napas dalam-dalam dari hidung, lalu perlahan kuhembuskan melalui mulut. Hal itu selalu kuulangi berkali-kali pada saat diri sedang dalam ke khawatiran dan kecemasan. Begitu pula hal serupa itu kuulangi beberapa kali pada saat perjalanan siang ini. Hatiku berdegub kencang begitu juga darah mengalir deras. Kurasa memang belum cukup stamina untuk memulai lembaran baru apalagi belum terlalu move on untuk pergi jauh dari bayang Papa. Seharusnya untuk hari ini masih istiharat di rumah agar lebih baik dan nyaman kembali. Namun aku yakin, perlahan semua akan membaik pabila sudah waktunya.

Dalam perjalanan selama tiga jam itu aku selalu terbayang akan kejadian beberapa hari lalu yang menggetarkan hati, membuat pilu, hingga meneteskan air mata. Namun dibalik semua kisah itu ada suatu hal yang membuat bahagia. Ya lagi-lagi dia selalu hadir dalam setiap langkah dan lamunanku. Jadi teringat ketika senja sore bersamanya, keliling menghabiskan waktu bersama, bercerita, dan tertawa bersama. Apalagi setiap kupandang wajah ceria pada sebuah foto dalam dompetku, foto hitam putih dengan ukuran empat kali enam itu rasanya bahagia selalu menyertaiku setiap kali pandangan terfokuskan pada foto tersebut.

Yang aneh adalah ketika orang-orang yang melihat foto itu, ketika ku membuka dompet mereka selalu bertanya mengenai apa yang mereka lihat. Ya seperti foto ini yang selalu menjadi kontroversi bagi mereka. Kebanyakan dari mereka bertanya, mengapa harus foto itu yang dipasang? Kenapa tidak foto pacar atau istri! Wah Jangan-jangan secara diam-diam kamu sudah berkeluarga dan punya anak ya! Wah parah banget. Masak iya pemuda seusia aku sudah berkeluarga dan punya anak! Jangankan untuk menafkahi keluarga, untuk pribadi saja masih jauh dari pas. Dan yang paling parah lagi, ada kawanku yang bilang, eh kamu norak banget ya benar-benar gak up to date. Sekarang jaman moderen dan jaman canggih enggak perlu lagi nyimpan foto di dompet.  Yah terkadang kalau kita mengikuti apa yang mereka katakan pada kita, semua enggak akan cukup dan enggak pernah terpuaskan. Apalagi kita bukan alat pemuas hehe.

Ohya bay the way hari ini aku sangat bahagia sekali lho, meski tubuh masih kurang fit akibat selalu teringat kejadian pagi itu. Senang sekali rasanya, akhirnya doa-doa yang selalu terselipkan dalam setiap hembusan napas pada istigkhoroh beberapa waktu lalu diijabah sama yang kuasa, Allah azza wajalla. SubhanAllah, bersyukur kebaikan Allah selalu ada dan selalu menyertai setiap langkah.

ᴥᴥᴥᴥᴥ

Usai sholat jum’at, tepat pada pukul 13,35 Wib aku tiba di pesantren. Rumah baruku selama setahun kedepan, aku berharap ini adalah jalan terbaik yang Allah berikan untukku, selain bisa dekat dengan Alfa aku berharap ilmu yang aku dapatkan bisa lebih bermanfaat lagi disini.
Bismillah, dengan tekad kuat dan penuh semangat kubuka kaca jendela mobil lalu kuhirup perlahan demi perlahan udara segar pesantren dan kurasakan kenyamanan dan kenikmatan yang Allah berikan, yang selalu mengajakku untuk selalu mensyukuri atas nikmatnya. SubhanAllah benar-benar luar biasa sekali, ternyata aku benar-benar telah berada di pesantren. Kubuka pintu mobil dan melangkahkan kaki keluar, kupandangi sekitar pesantren.

 Setiap liku dan sudut tak sedikitpun terlewatkan.
Ada sesuatu yang membuat bingung diriku dan bertanya-tanya! Kucoba mengucek-ucek mata dan mencubit kedua pipiku dan itu terasa sakit. Berarti aku benar-benar dalam keadaan sadar bukan sedang berada didunia mimpi. Kedua bola mataku tak henti berkeliling, dengan sigap dan cepat menangkap informasi, namun tidak juga kutemukan jejak-jejak kehidupan.

“Ada apa ini. Sepi sekali suasana pesantren. Tidak seperti biasanya,” gumamku dalam hati.

Hal itu semakin membuat bingung diriku. Apalagi ketika seseorang dari arah belakang yang tiba-tiba hadir dan menyadarkanku. Sontak diriku terkaget olehnya.

“Mas,” tegur suara itu.

“Astaghfirullahhaladzim,” sontak ku terkaget dan tersadar olehnya. Dan segeraku menoleh kearah belakang dimana suara itu berasal.

“Mas. Apakah ini benar tujuan kita.”

“Iya benar pak. Maaf telah menunggu lama.”

Ya ampun suasana ini benar-benar membuatku lupa. Aku lupa bahwa telah sampai di pesantren dan lupa jika aku diantar oleh trevel. Untung saja si sopir trevel tidak marah dan bersabar menungguku sejak tadi. Usai membayar trevel dan mengeluarkan barang-barang dari mobil, aku perlahan melangkahkan kaki menuruni anak tangga menuju asrama, sebuah gedung tempat dimana biasa aku tempati dan disana aku berjumpa dengan seorang santri. Ternyata santriwan dan santriwati beserta ustadznya sedang mengikuti acara disebuah masjid didekat pesantren, hanya beberapa saja yang tinggal menjaga pesantren. Pantas saja sepi.

Ini akan menjadi sebuah kejutan untuk Alfa dan teman-teman yang sedang menantikan kehadiranku. Kemarin ketika aku chatting dengan Ustadzah Imsa, dia bilang anak-anak menanti kehadiranku segera. Tapi yang membuat senang hatiku bukanlah kejutan tersebut, akan tetapi keindahan bulan April. Ya April akan selalu terkenang sebagai langkah memulai lembaran baru dan awal kebersamaan dalam persahabatan.


---------------------------------------------------------------------------------------

Juli Bertemu April Bersatu



Juli Bertemu
Agustus dan September mulai akrab denganmu
Oktober, November, dan Desember
Berlalu dengan bayang semu
Januari, Februari , Maret
Aku mulai rindu
Lalu April. Allah berikan waktu untuk bersatu
Mei dan Juni. Suka cita kulalui bersama denganmu

Selamanya kita bersama, mengarungi samudera dan cakrawala
Meraih mimpi-mimpi pada dunia



----------------------------------------------------------------------
*Alfa Arkana Eounoia bernama asli Disisi Saidi Fatah merupakan Alumni Akademi Hypnoterapy Karya Tunas Bangsa, Sumatera Selatan. Pemilik akun instagram @DisisikuDisisimu pengagum sholawat Habib Syech AA Assegaf dan penyuka ulama sastra KH Ahmad Mustafa Bisri (Gus Mus) serta Ust.Yusuf Mansyur dan Aktor Ananda George. Suka Puisi, sastra, dan kamu ❤

No comments

Bagian 1 - Tiga Puluh Jam Bersama Habibana

1/ Nabastala biru kian memudar, merah, jingga, orange, menggantikan peran memadati pemandangan senja yang kian tenggelam. Segera, usai berd...

Powered by Blogger.